Motivasi Diri dalam Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris adalah sebuah proses yang harus dijalani oleh setiap orang jika seseorang tersebut ingin pandai berbahasa Inggris. Dengan bisa berbahasa Inggris dengan benar maka seseorang akan merasa percaya diri. Seseorang tersebut akan lebih tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Misalnya, jika ia seorang yang rajin membaca maka ia akan menyukai buku-buku, novel, koran dalam bahasa Inggris. Bahkan, ia akan menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan negara asal yang menggunakan bahasa Inggris. Dengan mampu berbahasa Inggris seseorang akan mempunyai lebih banyak keinginan untuk mengeksplorasi kemampuannya ke dalam berbagai bidang yang menjadi minatnya. Menjadi manusia yang berpikiran maju adalah sebuah motivasi dalam menguasai bahasa Inggris.

Motivasi Diri dalam Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris merupakan keuntungan tersendiri bagi peminatnya. Karena manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh orang-orang yang mampu berbahasa Inggris dengan baik. Apalagi dengan semakin majunya perkembangan zaman, hampir semua bidang disentuh oleh bahasa Inggris. Dengan demikian, alangkah baiknya jika kita mengambil bagian dari orang-orang yang haus akan ilmu bahasa Inggris. Proses menguasai bahasa Inggris tersebut sebenarnya cukup mudah. Terutama jika kita mempunyai minat yang dalam terhadap bahasa Inggris. Karena di dalam bahasa Inggris cukup banyak tantangan yang harus kita hadapi, terutama dalam hal menghafal. Misalnya pada tahap awal seperti menghafal vocabulary, kemudian menghafal tenses, dan dilanjutkan lagi dengan menghafal regular verb dan irregular verb beserta bentuk kedua dan ketiganya. Keseluruhan tahap berikut memang ditekankan pada proses penghafalan. Namun jika sudah cukup banyak menghafal maka proses pemahaman bahasa Inggrisnya akan lebih mudah.

Proses pemahaman itu sendiri dapat diterapkan dengan membuat kalimat berdasarkan rumus seperti. “Bella is playing badminton.” Kalimat tersebut menggunakan pola simple continuos tense. Di dalamnya mengandung “to be” dan verb-ing dalam bentuk present. Kemudian jika ingin mengubah kalimatnya ke dalam bentuk yang lain maka dapat memperhatikan to be dan juga verb ke dalam bentuk past tense, perfect tense dan lain-lain. Sehingga tugas anda hanya tinggal menerapkan hafalan anda. Terlihat sebagai proses belajar bahasa Inggris dengan pemahaman yang cukup mudah, bukan?
Previous
Next Post »